Cara Penanganan Penyakit Korela (Berak Hijau) Pada Ayam Laga

Cara Penanganan Penyakit Korela (Berak Hijau) Pada Ayam Laga


Korela atau yang sering disebut berak hijau merupakan penyakit yang sering kali menyerang para peternak ayam laga, penyakit kolera bisa disebabkan oleh makanan dan minuman yang tercamar oleh kotoran (fases) yang mengandung bakteri.

Penyakit berak hijau ini merupakan penyakit yang menular dari ayam satu ke ayam yang lain , penularan penyakit ini bisa terjadi baik secara kontak langsung ataupun tidak langsung penularan.

Gejala yang timbul pada bentuk akut dari penyakit ini biasanya terlihat beberapa jam sebelum kematian. Seperti lesu, hilang nafsu makan, keluar lendir dari mulut, diare keputihan lama kelamaan menjadi kehijauan dan berlendir, nafas cepat dan sianosis (warna kulit kebiruan) pada jengger dan pial. Pada bedah bangkai ditemukan perdarahan pada paru-paru, usus, jantung dan lemak perut. Hati membesar, berwarna belang, serta terdapat bintik-bintik nekrosa (bintik-bintik putih)

Berikut beberapa cara bisa dilakukan untuk penanganan Penyakit Kolera (Berak Hijau)

  1. Berikan Antibiotik seperti Neo Meditril atau segera bawa ke tim medis pengobatan Hewan.
  2. Segera pisahkan kandang ayam apabila ada yang yang terkena gejala ringan agar tidak menjadi Sumber Penularan Ayam Lain.
  3. Perhatikan Kebersihan Kandang seperti sirkulasi udara, kandang bersih dan tidak lembab.
  4. Berikan Multivitamin Booster Rp untuk mempercepat penyembuhan
  5. Semprotkan Desinfektan secara rutin agar Kandang Ayam Seteril